Rusip Makanan Kuliner Khas Bangka Belitung



Rp. 0.00 Rp. 0.00

Detil :
KodePGK / TJQ - Rusip Bangka Belitung
LokalWisata Kuliner Bangka Belitung
DeskripsiRusip adalah olahan frementasi ikan dengan garam yang di fermentasi beberapa hari menjadi makanan kuliner Khas Bangka Belitung

Rusip ... Siapa yang tidak kenal makanan yang satu ini. Hampir sepanjang daratan sumatera mengenal makanan ini. Rusip adalah makanan khas kuliner khas Bangka Belitung, kemudian berkembang hingga hampir di seluruh sumatera. Rusip sangat terkenal enak rasanya, bahkan ada istilah yang mengatakan " belum lengkap mengunjungi wisata Bangka belitung kalau belum mencicipi rusip " Rusip adalah ikan teri / ikan bilis yang di permentasi. Untuk teman makan, rusip biasanya di gunakan sebagai sambal untuk lalapan.

Dimana anda bisa mendapatkan rusip untuk oleh - oleh? Anda tidak perlu khawatir, saat ini hampir semua toko yang menjual makanan khas bangka menjual rusip, Memang, sekilas apabila kita melihat rusip yang masih berada di dalam botol akan jijik melihatnya, jangankan untuk menikmatinya :D . Tapi bila sudah di sajiakan dengan lalapan, mungkin anda akan merasa betapa unik & lezatnya makanan ini.

Sebagai makanan ksah, rusip merupan menu wajib masyarakat bangka belitung, terutama di daerah pedesaan. Untuk anda yang ingin mencoba membuat rusip, berikut resep cara membuat rusip :

  • Buanglah semua kotoran ikan sampai benar2 bersih, lalu cuci ikan teri sampai benar2 bersih. Tujuannya agar nantinya rusip tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap & menjaga rasa rusip agar tetap enak untuk di nikmati.
  • Rendamlah ikan teri ke dalam wadah berisi air hangat dan berilah garam hingga merata. Diamkan selama beberapa menit. Tujuannya untuk mengangkat bakteri pada ikan teri & mempertahankan rasa ikan teri.
  • Tiriskan ikan ikan teri hingga benar - benar kering
  • Diamkan selama 1 hari didalam wadah yang tertutup rapat agar permentasi lebih sempurna.
  • Setelah 1 hari, masukkan gula aren / gula jawa yang sudah di larutkan ke dalam wadah rusip tadi, dan tutup rapat kembali. Lalu biarkan selama 1 - 10 hari.
  • Dalam penyajian, rusip dapat di makan tanpa dimasak terlebih dahulu ataupun dapat dimasak terlebih dahulu, hal ini sesuai selera anda.
  • Untuk penyajiannya anda dapat menambahkan irisan bawang merah, serai dan cabe rawit. Dapat juga di tambah lalapan sebagai teman untuk menikmati rusip

Catatan :

  • 1 Bahan pembuat rusip harus benar2 di cuci dengan bersih
  • 2. Ciri - ciri proses permentasi yang gagal yaitu rusip akan menimbulkan bau busuk & banyak di hinggapi lalat. Hal ini di sebabkan bahan2 di cuci dengan tidak bersih atau pada saat permentasi, rusip Makanan Kuliner Khas Bangka Belitung tidak di tutup dengan rapat.
  • Content Title : Rusip Makanan Kuliner Khas Bangka Belitung
    Request detil informasi Rusip Makanan Kuliner Khas Bangka Belitung dengan menghubungi kami via whatsapp atau line