Lempah Kuning kuliner Khas Bangka Belitung



Rp. 0.00 Rp. 0.00

Detil
KodePGK / TJQ - Wisata Kuliner Khas Bangka Belitung
DeskripsiInformasi seputar lempah kuning yang merupakan kuliner khas Pulau Bangka Propinsi Belitung

Lempah kuning bangka adalah makanan kuliner khas Bangka, kalau di Belitung makanan khas ini di sebut gangan. wisata kuliner Bangka Belitung selain dikenal sebagai daerah penghasil timah juga menyimpan beragam cita rasa kuliner khas bangka yang tidak kalah dengan didaerah lain di Indonesia. di Bangka, lempah kuning biasa di masak dengan kepala ikan tenggiri.

Di pulau Bangka, untuk makanan kategori Lempah sendiri variasinya bermacam-macam, lempah kuning seperti yang saya posting kali ini menggunakan ikan sebagai bahan utamanya, biasanya ikan tengiri atau ikan kakap dengan kuah yang berwarna kuning karena menggunakan kunyit pada bumbunya, umumnya dimasukkan juga potongan nanas atau mangga muda ke dalamnya.

Sedangkan lempah darat adalah masakan berkuah yang berisi sayur-mayur seperti pucuk idat, akar keladi, dan sayur mayur lainnya, biasanya disajikan dengan nasi hangat plus ikan asin dan sambal belacan (terasi). Lempah kulat adalah masakan yang terbuat dari kulat (bahasa Bangka Belitung untuk jamur) dengan kuah santan, mirip-mirip dengan kari.

Memasak lempah ini pun terbilang mudah, karena hanya memerlukan bumbu-bumbu sederhana yang mudah dicari dipasar tradisional seperti bawang putih, bawang merah, lengkoas, terasi, cabai, nanas atau mangga dan garam secukupnya. Yang terpenting lagi adalah kunyit sebagai bahan untuk membuat warna kuah dari lempah ini berwarna kuning dan tak lupa juga yang pasti kepala ikan tenggirinya.

  • Content Title : Lempah Kuning kuliner Khas Bangka Belitung
    Request detil informasi Lempah Kuning kuliner Khas Bangka Belitung dengan menghubungi kami via whatsapp atau line