Kelubi Salak Bangka Belitung

Tidak banyak masyarakat Bangka Belitung tahu kalau buah kelubi ini adalah salak hutan khas Bangka Belitung. Tanaman buah kelubi ini banyak tersebar di hutan - hutan di wilayah Propinsi Bangka Belitung.

Hingga saat ini belum ada perkebunan khusus yang menanam buah yang satu ini padahal prospek buah kelubi ini cukup bangus sebagai oleh - oleh khas dari Bangka belitung. Hal ini mengingat wisata bangka belitung semakin hari semakin di minati terbukti kunjungan wisatawan yang terus meningkat.

Masyarakat lokal mengenal buah kelubi sebagai manisan yang banyak di jual di toko - toko di sepanjang jalan. Buah kelubi memiliki sifat rasa asam yang kuat sehingga selain di jadikan manisan masyarakat lokal biasanya memanfaatkan buah kelubi sebagai campuran sambal terasi. 

buah kelubi oleh - oleh khas bangka belitung


Dari pangkal pohon hingga daun, pohon kelubi bentuknya sama dengan pohon salak. Pohon kelubi dahan pohonnya juga memiliki tangkai pohon yang berduri dan tandan serta bentuk buah sama dengan pohon salak.

Namun yang membedakannya yaitu jumlah buah dalam satu tandan bisa berjumlah ratusan karena buah kelubi memiliki ukuran yang lebih kecil di bandingkan buah salak. Yang lebih unik dari pohon kelubi yaitu cara pertumbuhannya, setelah buah kelubi di petik maka pohon kelubi harus di tebang.

Tujuannya agar pohon kelubi bisa tumbuh dan berbuah lagi, hal ini di karenakan bila tidak di tebang maka tunas pohon kelubi tidak akan tumbuh lagi. Bila anda berminat mencobanya, saat ini manisan kelubi ini banyak terdapat di toko oleh - oleh Bangka Belitung dengan berbagai kemasan.