Gangan Kuliner Makanan Khas Belitung



Rp. 0.00 Rp. 0.00

Detil
KodeTJQ - Wisata Kuliner Belitung
DeskripsiGangan atau di daerah lain sejenis pindang yang berbahan dasar ikan laut yang menjadi daya tarik wisata kuuliner Makanan khas Belitung

Gangan Kuliner Makanan Khas Belitung - Seiring melejitnya pariwisata Belitung setelah film laskar pelangi banyak hal lain yang semakin di kenal orang tentang Belitung selain pariwisatanya yang indah. Termasuk kerajinan, budaya kuliner dll. kuliner Belitung yang kaya akan sumber daya lautnya menjadi tempat kuliner yang cukup handal bagi anda yang suka hunting kuliner. Pada artikel kali ini kita akan membahas gangan salah satu makanan kuliner khas Belitung.

Sekillas bila kita melihat gangan belitung seperti gulai karena warnanya yang kuning. hanya saja kalau gulai menggunakan santan dalam proses pembuatannya, Masakan ini adalah sup ikan dengan kuah kuning dari bahan kunyit dengan irisan nanas muda. Gangan belitung tergolong dalam masakan sup, karena di masak berkuah & biasanya masyarakat bangka Belitung memilih kepala ikan ketarap, ikan kakap merah, dan ikan bulat sebagai bahan masakannya. Masyarakat Belitung beralasan bahwa daging ikan-ikan tersebut cocok untuk sup karena bumbu mudah meresap ke dalam daging ikan, selain itu ikan-ikan tersebut renyah dan empuk. sebagai bahan masakannya.

Sebagian masyarakat belitung ada yang memasak gangan dengan "pelanduk" sebagai bahan memasaknya. Pelanduk adalah sejenis kancil yang hidup di hutan - hutan kecil di Bangka Belitung. Apabila anda memilih ikan untuk memasak gangan, sebaiknya dimasak menggunakan cabe rawit merah . Jika ikan yang ingin anda buat Gangan tergolong ikan berbau amis, biasanya ikan-ikan yang hidup di terumbu karang, maka gunakanlah cabe lebih banyak, karena semakin pedas Gangan anda, semakin hilang rasa amis nya.

Masyarakat Belitung juga biasa memasak gangan dari beragam macam bahan masakannya, ada gangan ikan lele, gangan ikan asin, gangan kepiting dll. Jadi cita rasanya sangat tergantung dari jenis bahan masakan yang di pilih.

Untuk anda yang penasaran seperti apa masakan gangan jangan khawatir karena hampir semua restoran seafood di Belitung menyediakan sop gangan. Tidak sulit mencari menu sop gangan di Belitung ini. Karena masakan gangan ini merupakan makanan kuliner khas Belitung yang sudah melegenda untuk menjadi makanan pembuka tamu-tamu yang datang dari luar kota.

  • Content Title : Gangan Kuliner Makanan Khas Belitung
    Request detil informasi Gangan Kuliner Makanan Khas Belitung dengan menghubungi kami via whatsapp atau line