Potensi Wisata Bangka Belitung



Rp. 0.00 Rp. 0.00

Detil
KodePGK / TJQ - Wisata Bangka Belitung
DeskripsiInformasi seputar potensi alam berupa biji timah dan objek wisata Bangka Belitung

Beberapa tahun terakhir perkembangan potensi pariwisata Bangka Belitung sangat pesat, baik tujuan wisata ke Bangka atau wisata ke Belitung . Hal ini di tandai dengan meningkatnya hunian hotel & tumbuhnya hotel - hotel baru di Bangka Belitung . Dengan pertumbuhan ini , banyak sektor yang terkena imbasnya diantaranyqa rumah makan, nelayan & masyarakat luas lainnya.

Namun hingga saat ini secara nasional Potensi wisata Indonesia dianggap masih belum mampu menggaet kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara. Ini tercatat dari data yang dilansir World Economi Forum (WEF) menunjukan, pariwisata Indonesia berada di posisi ke 74 dunia dari 139 negara berpotensi wisata. Sebenarnya, aset wisata Indonesia cukup besar, dengan potensi yang tidak kalah dengan negara lain di dunia, apalagi sekelas ASEAN ? Ini karena, jangkauan infrastruktur pendukung belum maksimal.

Saat ini Bangka Belitung memang masih mengandalkan sumberdaya alam timah sebagai potensi daerah. Sebagai daerah penghasil cadangan timah dunia terbesar di dunia dengan memasok kebutuhan dunia lebih kurang 40 persen dari kebutuhan timah dunia. Namun pendapatan dari timah bagi pemerintah masih terlalu kecil. Saat ini royalty timah yang diperoleh sebesar 3 persen dari harga dan produksi timah. Nilai yang terlalu kecil untuk membangun suatu propinsi. Padahal kerusakan akibat penambangan timah potensi cukup besar.

Pemerintah Provinsi Belitung harusnya mulai memberikan pemahaman dan pemikiran kepada masyarakat Bangka Belitung mengenai bagaimana mengantisipasi pasca timah dan masyarakat harus siap menghadapinya. Sebenarnya masih banyak potensi Bangka Belitung yang perlu dikembangkan dan ditata secara serius. Potensi wisata sebenarnya mempunyai nilai tawar yang sangat signifikan sebagai upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Potensi wisata tour Bangka Belitung tentunya sangat menjanjikan pada masa yang akan datang.

Selain itu, potensi wisata laut, wisata religi / kebudayaan, wisata tambang, wisata sejarah, wisata alam (mangrove, hutan, dll), wisata kuliner dan lain sebagainya. Potensi wisata Belitung perlu direncanakan secara baik dan terarah, sehingga potensi ini menjadi nilai tawar yang sangat strategis. Potensi pariwisata ini membutuhkan sentuhan dari tangan pemerintah dan bagaimana memberdayakan masyarakat agar lebih banyak berperan serta dalam membangun wisata Bangka Belitung.

  • Content Title : Potensi Wisata Bangka Belitung
    Request detil informasi Potensi Wisata Bangka Belitung dengan menghubungi kami via whatsapp atau line